get app
inews
Aa Read Next : Cocok untuk Menu Buka Puasa, Bandeng Jelak Kebanjiran Order di Bulan Ramadhan

Korban Banjir Winongan Tambal Tanggul Sungai, BPBD: Kami Bantu Alat Berat

Senin, 11 Maret 2024 | 16:50 WIB
header img
Korban banjir di Winongan memperbaiki tanggul. Foto:Tangkapan layar

WINONGAN, iNewsPasuruan.id - Puluhan warga korban banjir kerja bakti membersihkan rumah akibat banjir yang melanda beberapa desa di wilayah Kecamatan Grati dan Winongan.
Puluhan warga ini berasal dari RT.03 RW.03 Dusun Menyarik Krajan, Desa Menyarik, Kecamatan Winongan.  Imam Suyuti (27), warga sekitar berdoa banjir tak lagi melanda desa mereka. Sebab mereka ingin menjalankan ibadah puasa dengan tenang tanpa memikirkan ancaman banjir yang sewaktu-waktu bisa datang kembali ketika hujan deras.

"Semoga banjir ini segera reda dan selesai. Karena besok sudah puasa, kami ingin menyambut Ramadhan dengan suka cita tanpa mikir banjir lagi," ungkap Imam Suyuti dikutip dari laman resmi Pemkab Pasuruan, Senin (11/3/2024).

Tak hanya membersihkan rumah mereka, warga juga bahu membahu memasang sandbag di sepanjang bantaran sungai, dekat tempat tinggal mereka. Sebab tanggul yang lokasinya tak jauh dari pemukiman, jebol. "Supaya air tidak masuk ke rumah-rumah, maka kami pun bahu membahu membuat sandbag dan kami pasang di pinggiran tanggul yang jebol," tandasnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariyadi mengatakan, kerja bakti ini diinisiasi warga sebagai respons cepat terhadap dampak banjir yang mengakibatkan kerusakan pada infrastruktur dan rumah-rumah warga. Pemerintah tetap hadir untuk membantu warga membersihkan desa dari sisa-sisa banjir. Dan yang terpenting adalah membangun kembali semangat dan solidaritas di antara warga terdampak.

"Selain mengirimkan bantuan kedaruratan, kami juga menyiapkan peralatan untuk warga bisa membersihkan lumpur. Termasuk sorokan, alat berat dan lainnya," terangnya.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut