get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1444 Hijriah Kamis 23 Maret 2023

Kunci Kesaktian Pangeran Diponegoro yang Dicatat oleh Belanda: Maju ke Medan Tempur sambil Zikir

Kamis, 21 April 2022 | 22:06 WIB
header img
Gambar Pangeran Diponegoro (Foto:IST)

SOSOK Pangeran Diponegoro dipercaya memiliki kesaktian luar biasa. Kesaktian itu membuat orang-orang di pondok pesantren (Ponpes) menghormatinya.  Konon kekuatan magis ini membuat Pangeran Diponegoro bisa terbang dan mempengaruhi cuaca agar berubah. Kisah ini dicatatkan Peter Carey pada bukunya "Takdir Riwayat Pangeran Diponegoro 1785 - 1855" .

Konon orang-orang lain bahkan percaya Pangeran Diponegoro punya ilmu kebal dan mampu membaca karakter orang melalui ekspresi wajah. Tak mengherankan dari sana, banyak orang ingin menjalin hubungan dengan Pangeran Diponegoro. Kiai guru Banjarsari, pimpinan Ponpes terkenal dekat Kota Madiun, menulis surat kepada pangeran meminta jimat dari darahnya, dalam diri saudara perempuan pangeran, Raden Ayu Sosrodiwiryo, untuk mempererat ikatan kekerabatan dengan Pangeran Diponegoro.

Bahkan sebelum pergi berperang konon pasukan sang pangeran mendapat suntikan spiritual dari kaum ulama. Mereka para ulama dengan menggunakan surban hijau dan jubah putih, telah membakar semangat juang bala tentara Pangeran Diponegoro denganmendaraskan ayat -ayat suci Alquran.
 

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut