get app
inews
Aa Read Next : Pengakuan Tersangka Suntik Mati: Cemburu Foto Kades Ada di HP Istri, Hanya Ingin Beri Efek Jera

Merah Putih dari Pendopo Pasuruan Berkibar di Bawah Perairan Pulau Gili Ketapang 

Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:41 WIB
header img
Bendera Merah Putih yang dikibarkan pada Rabu (17/8/2022) adalah bendera yang diserahkan oleh Bupati Pasuruan Wakil Bupati Pasuruan,  HM Irsyad Yusuf, SE, M MA. kepada Korps Marinir TNI Angkatan Laut di Pendopo Kabupaten Pasuruan, Senin (15/8/2022).

PASURUAN, iNewsPasuruan.id - Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar)  menggelar upacara di tengah laut dan pengibaran bendera merah putih di bawah laut di Pulau Gili Ketapang, Probolinggo, Rabu (17/08/2022). Kegiatan ini dalam rangka menyemarakkan Dirgahayu Republik Indonesia ke 77 tahun, dan melaksanakan perintah dari Kepala Staf  TNI Angkatan Laut melalui Komandan Korps Marinir.

Prosesi upacara di tengah laut dan pengibaran bawah laut melibatkan 13 penyelam; 5 personil dari Puslatsus Kolatmar, 4 personil dari KSOP dan 4 dari personil Club Merines Coral Dive Probolinggo, dilaksanakan di  kedalaman 10 meter dipimpin Lettu Marinir Adi Sampurno selaku komandan Tim pengibar bendera bawah air.


Suasana pengibaran bendera Merah Putih di bawah perairan Gili Ketapang, Probolinggo, Rabu (17/8/2022).

Bendera Merah Putih yang dikibarkan adalah bendera yang diserahkan oleh Bupati Pasuruan Wakil Bupati Pasuruan,  HM Irsyad Yusuf, SE, M MA. kepada Korps Marinir TNI Angkatan Laut diterima oleh Danpuslatpurmar 3 Grati  Letkol Marinir Kartika Wijaya Setyawan S.H., M.A.P., M.Han di Pendopo Kabupaten Pasuruan pada 15 Agustus yang lalu sebelum pengukuhan Paskibra Kab. Pasuruan.

Sedangkan pasukan di atas laut melibatkan 1 Kapal Patroli Dari KSOP, 1 Kapal dari Dinas Perikanan serta 5 Kapal komunitas wisata snorkeling Gili Ketapang. Tak kurang sejumlah 2 Peleton prajurit Kolatmar, 1 Regu dari KSOP dan 1 Regu dari Perikanan siswa-siswi SMP Negeri 3, tokoh Pemuda Karang Taruna, dan tokoh masyarakat Gili Ketapang turut dalam upacara ini.

“Dengan perencanaan yang matang pengecekan personel dan material juga sarana pendukung lainnya agar tercapainya sasaran sinergitas dan menumbuhkan rasa kebersamaan dengan instansi terkait dan masyarakat sekitar untuk kepentingan bangsa dan negara,” ungkap penanggung jawab acara Dankolatmar Kolonel Marinir I Made Sukada, S.E. 

Dankolatmar mengatakan, ini merupakan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka Dirgahayu Republik Indonesia ke 77, "Kibarkan Merah Putih Di Bawah Laut Di 77 Lokasi Nusantara !". Kegiatan ini juga dalam rangka membangun  kejayaan maritim untuk  "Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat". 

Kepala Desa Gili Ketapang Bapak Munir mengucapkan terima kasih kepada bapak- bapak Marinir TNI AL. "Semoga kedepan bisa digelar acara ini lebih meriah, kami mewakili warga sekali lagi mengucapkan terima kasih," ungkapnya.

Pantai Gili Ketapang Probolinggo menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang ramai dikunjungi wiasatawan lokal maupun luar. Marcing Band dari Karang Taruna Gili Ketapang juga ikut memeriahkan acara, antusias masyarakat berbaur bersama menyaksikan, foto bersama Komandan Kolatmar, door stop dengan media dan ramah tamah mewarnai acara tersebut.iNewsPasuruan

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut