get app
inews
Aa
Read Next : Pengakuan Tersangka Suntik Mati: Cemburu Foto Kades Ada di HP Istri, Hanya Ingin Beri Efek Jera

Sumur Kuno Diduga Peninggalan Zaman Kerajaan Majapahit Gemparkan Warga Ngoro Jombang

Senin, 12 September 2022 | 11:54 WIB
header img
Penemuan sumur kuno yang diduga peninggalan era Majapahit, menggemparkan warga Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang. Foto/iNews TV/Mukhtar Bagus

JOMBANG, iNewsPasuruan.id - Sumur kuno yang diduga peninggalan era Kerajaan Majapahit gegerkan warga Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang. Keberadaan sumur kuno diketahui warga saat sedang menggali tanah. Tiba-tiba dari bekas tanah yang digali muncul struktur sumur yang menjorok ke bawah.

Dari permukaan tanah, letak sumur ini terpendam hanya pada kedalaman satu meter. Kades Kesamben, WS. Yudha mengatakan, dari penampakannya sumur kuno ini berbeda dengan sumur yang dimiliki warga. "Sumur kuno ini tidak terbuat dari struktur bata merah seperti biasanya, tetapi terbuat dari susunan jobong dengan tepian yang terbuat dari tanah liat yang dibakar," tuturnya.

Hebatnya lagi, meski telah terkubur di dalam tanah selama ratusan tahun, namun sumber air di dalam sumur ini masih mengalir kencang hingga sekarang. Lokasi ditemukannya sumur kuno tersebut, tidak jauh dari Patirtan Sumberbeji, yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Selain itu, di lokasi sumur ini warga juga menemukan pecahan bata kuno dan uang koin kuno.

Diduga, keberadaan sumur kuno ini menjadi penanda bahwa kawasan tersebut merupakan pemukiman bagi masyarakat di era Majapahit. Yudha mengaku, warga di desanya berharap pemerintah segera memeriksa dan meneliti sumur kuno yang mereka temukan ini, agar nilai sejarah yang ada di desa mereka dapat diungkap secara pasti.

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut