get app
inews
Aa Read Next : Polisi Selidiki Ledakan yang Menggetarkan Kelurahan Ngemplakrejo

Sudah 1 Orang Tewas, BPBD Ingatkan Warga agar Waspadai Ancaman Petir

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 12:36 WIB
header img

“Petir akan lebih intensif apabila cuacanya seperti sekarang. Artinya, saat panas kemudian tiba-tiba hujan, di situlah potensinya (petir) tinggi,” kata Rudi dilansir pasuruankab.go.id, Kamis (19/10/2022).

Dia menjelaskan, imbauan ancaman petir ini sangat penting, mengingat sudah ada kasus 1 orang warga yang tewas  tersambar petir saat  berteduh di sekitar pematang sawah.

Untuk itu, warga diminta untuk bisa melakukan beberapa hal, diantaranya menghindari berteduh di bawah pohon jikalau sedang beraktivitas di ladang atau sawah. Sebaliknya, ada baiknya menghentikan aktivitas ketika di ruang terbuka apabila turun hujan kendati intensitasnya ringan. “Karena saat itu potensi petir sangat besar dan bisa tiba-tiba terjadi,” kata Harris.

Dia melanjutkan, saat mendung atau mulai hujan hendaknya tidak berada di tempat terbuka seperti di sawah, lapangan, pantai, atau tempat-tempat terbuka dengan membawa barang logam. Petir adalah gejala elektrostatik yang terjadi akibat perpindahan elektron muatan negatif yang berada di bagian bawah awan menarik muatan listrik positif di atas tanah.

Muatan listrik yang berbeda akan saling tarik menarik sedangkan yang sejenis akan tolak menolak. Itulah mengapa pada bangunan tinggi atau rumah dipasang penangkal petir untuk mencegah kerusakan akibat petir.

"Yang penting senantiasa waspada dan tahu bagaimana menghindari petir ketika berada di tanah lapang atau di luar rumah," tutupnya. 

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut