get app
inews
Aa Read Next : Pengakuan Tersangka Suntik Mati: Cemburu Foto Kades Ada di HP Istri, Hanya Ingin Beri Efek Jera

Oktrouble Diawali Tragedi Kanjuruhan dan Diakhiri Tragedi Itaewon, Begini Cara Menyelamatkan Diri

Minggu, 30 Oktober 2022 | 22:01 WIB
header img
Ini Gang Maut Selebar 4 Meter yang Jadi Lokasi Tragedi Pesta Halloween. FOTO/Yonhap

SEOUL, iNewsPasuruan.id - Ada yang menyebut di media sosial bahwa bulan ini adalah bulan Oktrouble. Bulan yang diawali dengan tragedi Kanjuruhan menewaskan 135 orang di Malang Jawa Timur, Indonesia, dan diakhiri dengan Tragedi Itaewon, Seoul, Korea Selatan. Ribuan supporter Arema panik saat gas air mata menerjang tribun. Ada yang terinjak-injak, sesak napas, dan akhirnya tercatat 135 orang supporter tewas. Kerumunan pesta Halloween di distrik Itaweon merenggut nyawa 151 orang akibat terjebak kerumunan.

Pesta yang seharusnya bersenang-senang itu, tiba-tiba membuat gang sempit selebar 4 meter di distrik Itaewon, Seoul, Korea Selatan (Korsel), Sabtu (29/10/2022) malam, sangat padat.  Akibatnya, ribuan orang tidak dapat bergerak atau meloloskan diri dari kerumunan. Selanjutnya, beberapa orang mulai jatuh dan menabrak yang lain, mengakibatkan desak-desakan paling mematikan di Korsel.

Media Yonhap melaporkan sedikitnya 151 orang tewas terinjak atau terimpa badan satu sama yang lain, dan 82 lainnya terluka selama perayaan Halloween. Dengan kehidupan malam yang trendi dan restoran yang apik, Itaewon, adalah rumah bagi komunitas ekspatriat di pusat kota Seoul. Sejauh ini merupakan tempat paling populer bagi para pengunjung pesta Halloween. Puluhan ribu orang mengunjungi area tersebut pada malam pesta yang berakhir dengan tragedi Itaewon itu.

Gang belakang yang dimaksud adalah jalan menurun 4 meter kali 40 meter yang menghubungkan distrik restoran yang sibuk dengan jalan utama, di mana sekitar enam orang dewasa hampir tidak bisa lewat pada saat yang bersamaan. Saksi mata yang selamat mengatakan bahwa mereka tidak memiliki cara untuk melarikan diri dari kerumunan karena gang itu terletak di sepanjang dinding luar hotel tetangga, dan mereka tanpa sadar didorong ke depan atau ke belakang di gang, tidak dapat bergerak sendiri.

Kerumunan manusia menumpuk di gang sempit pada Sabtu malam. Mereka merayakan Halloween tanpa topeng pertama sejak wabah COVID-19 2020, setelah mandat mengenakan masker di luar ruangan sepenuhnya dicabut secara nasional pada bulan September. “Pergerakan massa terjadi "seketika" setelah beberapa orang jatuh dan menyebabkan orang lain jatuh seperti "domino" dan menumpuk satu sama lain, tidak dapat bernapas atau bernapas,” kata saksi yang masih hidup.

Kepadatan pengunjung membuat penyelamat dan polisi kesulitan untuk mengevakuasi korban pertama. Hal itu mengakibatkan korban tewas sangat banyak. Tiba-tiba sekitar 300 pasien membutuhkan resusitasi kardiopulmoner dan tindakan pertolongan pertama. Akibatnya penyelamat kekurangan tenaga medis untuk melakukan kardiopulmoner. Sementara arus lalu lintas pulang kerja yang padat di daerah itu menambah kesulitan. 

Dari 151 korban tewas, mayoritas 97 adalah perempuan. Pengamat mengatakan perempuan mendapat pukulan lebih besar terutama karena tubuh mereka yang relatif lebih kecil, dikombinasikan dengan kostum Halloween yang biasanya lebih berat. Para korban juga termasuk 19 orang asing, termasuk dari China, Iran, Norwegia dan Uzbekistan. Ada desas-desus di tempat kejadian bahwa jumlah pengunjung melonjak untuk melihat seorang selebriti yang mengunjungi daerah itu.
 

Bagaimana menyelamatkan diri dari kerumunan?

Festival dan konser seperti pesta Hallowen di Distrik Itaewon menarik banyak orang, dan populer di kalangan pelancong. Namun kerumunan bisa membawa malapetaka seperti tewasnya 151 orang di Itaewon, Seou. Paul Wertheimer, salah satu ahli keselamatan kerumunan massa membagikan tips bagaimana selamat dari kerumunan, dinamika kerumunan, dan tetap aman.

Pada Juni 2017, sebuah petasan memicu kepanikan di Stadion Turin saat 30.000 supporter menyaksikan Juventus berlaga di Liga Champions. Akibat tabrakan antarmassa yang terjadi menyebabkan lebih dari 1.500 orang terluka. Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober 2022, menyebabkan saling tabrak antar supporter. 135 orang tewas di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Tragedi-tragedi ini tersebut memiliki beberapa elemen yang sama: kedua peristiwa itu memiliki satu titik masuk dan keluar yang sempit. Di Itaewon gang sempit dengan pintu masuk dan keluar sempit. Demikian juga di Stadion Kanjuruhan. Pintu keluarnya juga sempit. 

Tips Bertahan Hidup di Kerumunan

Paul menyarankan, saat anda melihat konser atau tempat baru penuh kerumunan, sebaiknya anda meluangkan waktu sejenak untuk mencatat semua pintu keluar. Cara penyelamatan alami adalah menggunakan pintu masuk yang sama untuk Anda keluar, bukan karena lebih aman, tetapi karena sudah familiar. Kemudian cari jalan keluar alternatif yang digunakan oleh lebih sedikit orang, tujuannya bisa membantu Anda keluar lebih cepat. Hal ini sangat berguna jika terjadi kerusuhan di kerumunan dan Anda sudah tahu di mana pintu itu.

“Ketika Anda mulai merasa tidak nyaman berada di keramaian, inilah saatnya untuk mulai melirik pergi. Ini sangat sulit karena, jika Anda sudah menempuh jarak yang jauh, atau Anda sudah menunggu lama, misalnya di depan panggung, Anda tidak ingin pergi," katanya. "Banyak orang meninggalkan keputusan itu sampai terlambat, dan menemukan bahwa mereka terjebak dalam kerumunan besar, terombang-ambing dan terseok-seok," imbuhnya.

Berikut adalah tips bertahan hidup dari Paul agar terhindar dari kerumunan:

1. Tetap berdiri

2. Hemat energi – jangan mendorong kerumunan dan jangan berteriak atau menjerit.

3. Gunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar Anda (menunjuk, melambai, bahkan menggunakan mata Anda)

4. Jaga tangan Anda tetap di dada, seperti petinju – ini memungkinkan Anda bergerak dan melindungi dada Anda

5. Jika dalam bahaya, minta orang-orang untuk mengerumuni Anda

6. Jika seseorang mengulurkan tangan untuk meminta bantuan, pegang untuk menahannya.

Bagaimana cara menghindari aksi dorong-dorongan? Paul mengembangkan teknik untuk keluar dengan metode akordeon: "Setelah Anda didorong ke depan, seperti dalam gelombang, ada jeda. Jeda itu adalah kesempatan Anda untuk bergerak, dan cara Anda bergerak adalah diagonal, di antara kantong orang. Selalu ada ruang di antara orang-orang. Beberapa langkah ke samping, gelombang gelombang lain, lalu beberapa langkah lagi di jeda berikutnya. Anda bekerja dengan cara itu sampai Anda mencapai pinggiran."

Sumber: Tips Keluar dari Kerumunan

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Minggu, 30 Oktober 2022 - 16:00 WIB oleh Esnoe Faqih Wardhana dengan judul "Ini Gang Maut Selebar 4 Meter yang Jadi Lokasi Tragedi Pesta Halloween". Untuk selengkapnya kunjungi: https://international.sindonews.com/read/927261/40/ini-gang-maut-selebar-4-meter-yang-jadi-lokasi-tragedi-pesta-halloween-1667128243?showpage=all

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut