get app
inews
Aa Read Next : Pengakuan Tersangka Suntik Mati: Cemburu Foto Kades Ada di HP Istri, Hanya Ingin Beri Efek Jera

Timnas Main Imbang Lawan Vietnam, Peluang Juara Piala AFF 2022 Masih Terbuka

Jum'at, 06 Januari 2023 | 18:45 WIB
header img
Laga Timnas Indonesia vs Vietnam di leg I semifinal Piala AFF 2022. (Foto: Aldhi Chandra/MPI)

JAKARTA, iNewsPasuruan.id  – Tim nasional (Timnas) Indonesia bermain imbang melawan Vietnam pada leg pertama Piala AFF 2022, Jumat (6/1/2023) sore WIB. Bermain di kandang skuad Garuda di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), sejatinya anak asuh Shin Tae-yong menjadi tim yang paling banyak menciptakan peluang. Namun hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tak ada satu pun gol yang tercipta.

Hal itu dikarenakan buruknya penyelesaian akhir Marc Klok dan kawan-kawan. Dengan hasil 0-0 itu, setidaknya Timnas Indonesia mengamankan clean sheet. Hal itu berguna demi menjaga agar Vietnam tak memiliki keuntungan gol tandang. Selanjutnya, leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam akan berlangsung di My Dinh National Stadium, Hanoi, pada Senin (9/1/2023) pukul 19.30 WIB.

Timnas Indonesia vs Vietnam (Aldhi Chandra/MPI)

Skuad Vietnam dengan cepat mengambil alih permainan sejak babak pertama dimulai. Tim besutan Park Hang-seo itu tampil menekan dengan intensitas yang cukup tinggi. Akan tetapi, Timnas Indonesia berhasil meredam ancaman yang diberikan tim berjuluk The Golden Star tersebut.

Lima menit kemudian, Timnas Indonesia mampu keluar dari tekanan. Lalu di menit ke-9, Skuad Garuda mendapatkan peluang dari tendangan sudut. Marselino Ferdinan menyundul bola setelah menyambut umpan Marc Klok. Namun, tandukannya masih melambung di atas mistar. Permainan berlangsung dengan cukup ketat dengan tempo yang tinggi. Baik Timnas Indonesia maupun Vietnam silih berganti melancarkan serangan. Menit ke-13, Vietnam memperoleh peluang lewat tendangan voli Nguyen Quang Hai. Akan tetapi, sepakannya masih melenceng.

Timnas Indonesia perlahan membangun serangan. Tepat di menit ke-20, Dendy Sulistyawan memiliki peluang usai terlepas dari penjagaan pemain Vietnam di dalam kotak penalti. Sayangnya, dia justru memilih mengumpan bukan melakukan sepakan langsung ke gawang. Bola pun bisa diamankan pemain lawan. Setelah beberapa kali menekan pertahanan Vietnam, Timnas Indonesia kembali mendapat peluang berbahaya di menit ke-29. Sayangnya, tendangan spekulasi keras Yakob Sayuri dari luar kotak penalti menyamping tipis di kiri gawang Dan Vang Lam.

Yakob Sayuri kembali melakukan sepakan keras di menit ke-31. Kali ini di dalam kotak penalti usai menerima umpan Jordi Amat yabg langsung lari kencang. Namun, sepakannya masih bisa diblok bek Vietnam. Menit ke-36, Marselino Ferdinan melepaskan sepakan keras di dalam kotak penalti. Sial, bola masih bisa dihalau oleh kiper Vietnam. Semenit kemudian, Yakob Sayuri melakukan sundulan, namun lagi-lagi masih bisa ditepis oleh Dan Vang Lam dengan aksi heroik. Hingga menit ke-45, belum ada gol yang tercipta. Meskipun kedua tim sama-sama memiliki peluang. Alhasil, skor sama kuat 0-0 pun bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Timnas Indonesia vs Vietnam (Aldhi Chandra/MPI)

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia terus berusaha mengambil inisiatif menyerang. Meski begitu, Vietnam masih mampu bertahan dengan baik. Permainan Timnas Indonesia mulai memanas di pertengahan babak kedua, namun lagi-lagi semua peluang gagal menjadi gol. Buruknya penyelesaian akhir menjadi penyebabnya, Vietnam pun jelas tak mau diserang terus-terusan. Park Hang-seo lantas mengganti tiga pemainnya di menit 69 dan 75.

Sementara Timnas Indonesia baru memasukkan pemain baru di menit 81, di mana Rachmat Irianto yang kesakitan digantikan dengan Ricky Kambuaya. Setelahnya, Shin Tae-yong memilih untuk tetap mempercayai pemain yang tampil semenjak menit pertama. Permainan jual-beli serangan terus berlangsung hingga menit akhir. Namun, pada akhirnya tidak ada gol tercipta hingga laga leg pertama tersebut berakhir.

Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Vietnam:

Timnas Indonesia XI (4-2-3-1): Nadeo Arga Winata (GK), Fachruddin Wahyudi Aryanto (C), Rizky Ridho Ramadhani, Jordi Amat Maas, Pratama Arhan Alif Rifai, Asnawi Mangkualam Bahar, Marc Anthony Klok, Rachmat Irianto, Marselino Ferdinan Philipus, Yakob Sayuri, Dendy Sulistyawan.

Cadangan: Muhamad Riyandi, Syahrul Trisna Fadillah, Moh Edo Febriansah, Saddil Ramdani, Ilija Spasojevic, Hansamu Yama Pranata, Syahrian Abimanyu, Muhammad Ramadhan Sananta, Egy Maulana Wikri, Ricky Richard Kambuaya, Witan Sulaiman, Muhammad Rafli.

Pelatih: Shin Tae-yong

Vietnam XI (5-3-2): Dan Vang Lam (GK); Doan Van Hau, Vu Van Thanh, Bui Tien Dung, Que Ngoc Hai, Do Duy Manh, Do Hung Dung, Nguyen Quang Hai, Nguyen Hoang Duc, Phan Van Duc, Nguyen Tien Linh.

Cadangan: Tran Nguyen Manh, Nguyen Van Toan, Nguyen Thanh Binh, Nguyen Phong Hong Duy, Nguyen Van Toan, Nguyen Tuan Anh, Chau Ngoc Quang, Ho Tan Tai, Nguyen Van Quyet; Pham Tuan Hai, Nguyen Thanh Chung, Bui Hoang Viet Anh.

Pelatih: Park Hang-seo

https://bola.okezone.com/read/2023/01/06/51/2741577/hasil-timnas-indonesia-vs-vietnam-di-leg-i-semifinal-piala-aff-2022-skuad-garuda-ditahan-0-0-di-sugbk?page=2

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut