get app
inews
Aa Read Next : Tukang Las Sidoarjo Dituntut Hukuman Mati, Didakwa Menjadi Kurir 32 Kg Sabu-Sabu

Membeludak, Warga Nahdliyin Saksikan Resepsi Puncak 1 Abad NU dari Balai Desa, Warkop dan Musala

Selasa, 07 Februari 2023 | 12:34 WIB
header img
Bundaran dekat stadion Gelora Delta Sidoarjo mulai longgar. (Lukman Hakim).

SIDOARJO, iNewsPasuruan.id - Stadion Gelora Delta Sidoarjo tempat Puncak Resepsi 1 Abad NU dipenuhi ribuan warga Nahdliyin dari penjuru Tanah Air. Para warga yang tak bisa memasuki lokasi acara terpaksa menikmati acara melalui streaming di balai desa.

Warga Nahdliyin nonton Resepsi Puncak 1 Abad NU di Balai Desa. (Yoyok Agusta)

Berdasarkan pantauan iNews, Selasa (7/2/2023), Jalan Raya Pagerwojo, Buduran, Sidoarjo, dipadati oleh sejumlah warga Nahdliyin yang hendak mengikuti Puncak Resepsi 1 Abad NU. Banyak warga NU yang tidak mendapatkan tempat di dalam dan sekitar stadion. Mereka akhirnya memilih merayakan Puncak Resepsi 1 Abad NU di balai desa, musala, hingga warung kopi dengan cara menyaksikan acara melalui streaming. 

"Gak dapat tempat, di sana (GOR Delta Sidoarjo) tempatnya gak nyaman, terus akhirnya kita ke sini. Di sana gak bisa lihat, orang jalan gak kelihatan," kata Muslikah.

Kendati demikian, Atep, warga Nahdliyin asal Cirebon, mengaku tetap senang dan bersemangat mengikuti perayaan 1 Abad NU meski tak bisa hadir secara langsung di Gelora Delta Sidoarjo. "Dari dini hari tadi sudah tidak bisa masuk GOR, akhirnya nonton di balai desa sini. Alhamdulillah tetap senang," kata Atep.

Puncak Resepsi 1 Abad NU dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), sejumlah menteri, serta ratusan ribu warga Nahdliyin yang datang dari beberapa wilayah di Indonesia. Upacara resepsi tuntas Selasa (7/2/2023) sekitar pukul 10.00 WIB. Ribuan nahdliyin mulai meninggalkan Stadion Gelora Delta Sidoarjo, lokasi acara resepsi 1 Abad NU.

Sejumlah ruas jalan yang sebelumnya padat berangsur longgar.  Pantauan di lokasi, ribuan nahdliyin meninggalkan lokasi dengan berjalan kaki, meski jarak dengan tempat kendaraan mereka cukup jauh. Ada yang berjalan sejauh 1 kilometer (km), bahkan ada yang sampai 3 km. 

 Sementara warga nahdliyin lainnya memilih duduk santai di teras salah satu pusat perbelanjaan yang lokasinya sekitar 1 km dari stadion. Wajah mereka tampak lelah, bahkan beberapa dari mereka terlihat sedang tiduran sambil duduk di atas kursi.  Salah satu kader Fatayat NU dari Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Marya Ulfah terlihat sedang berjalan menuju mobil penumpang. Dia mengaku hendak meninggalkan stadion untuk menuju ke Masjid Al Akbar Surabaya bersama rombongan.Sedianya, mereka hendak menunaikan salat dhuhur di masjid terbesar di Jatim tersebut.

"Saya datang ke sini (Stadion Gelora Delta Sidoarjo) pada pukul 01.00 WIB dini hari," katanya, Selasa (7/2/2023). Marya Ulfah berangkat bersama rombongan Fatayat NU pada Senin (6/2/2023) sekitar pukul 22.00 WIB. Beruntung ketika tiba di Sidoarjo, dia tidak begitu jauh dari lokasi acara. Hanya berjarak sekitar 1 km. 

Setelah memarkir kendaraan, mereka berjalan kaki menuju stadion. Setibanya di lokasi acara, mereka langsung mengikuti acara pembacaan Manaqib Syeikh Abdul Qodir Jalelani dan Lailatul Qiro'ah serta Gema Shalawat 1 Abad NU. 
 

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut