get app
inews
Aa Read Next : FEB Unair Anugerahkan Doktor Honoris Causa kepada Gubernur Khofifah Indar Parawansa

Ledakan di Blitar Bakal Ditetapkan Jadi Bencana Sosial

Rabu, 22 Februari 2023 | 08:37 WIB
header img
Ledakan di Blitar segera ditetapkan menjadi bencana sosial. . Foto: Solichan Arif

BLITAR, iNewsPasuruan.id - Ledakan di Blitar segera ditetapkan menjadi bencana sosial. Hal ini terungkap saat Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto mengunjungi lokasi ledakan di Dusun Sadeng, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Selasa (21/2/2023). 

Peristiwa yang dipicu bubuk petasan tersebut mengakibatkan empat orang tewas dan merusak 25 rumah warga. “Ini adalah sebuah bencana sosial,” ujar Khofifah. Gubernur Khofifah meminta Bupati Blitar Rini Syarifah menerbitkan SK Tanggap Darurat Bencana Sosial.

Dengan SK tersebut, pemerintah bisa melakukan intervensi dengan melakukan rehabilitasi terhadap semua yang terdampak, seperti warga yang tempat tinggalnya rusak. “Supaya membuat SK Tanggap Darurat Bencana Sosial. Sehingga menjadi payung hukum,” ujarnya.

Menurut Gubernur, begitu juga dengan biaya pengobatan para korban luka-luka yang dirawat di rumah sakit, semua akan ditanggung pemerintah daerah. Sementara korban luka yang dirawat di rumah sakit di luar wilayah Blitar, yakni misalnya RSU Syaiful Anwar Malang atau RSU dr Soetomo Surabaya, pembiayaan akan ditanggung pemerintah provinsi.“Kita bisa sharing pemprov dan kabupaten (Blitar),” ujar Khofifah.

Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan proses penyidikan insiden ledakan petasan masih berjalan. Siapa pun yang terbukti menjadi penyebab terjadinya ledakan akan ditindak secara hukum. “Ini masih proses penyidikan. Nanti siapa yang terkait dengan ledakan ini pasti akan lakukan proses penegakan hukum,” kata Toni.

Kapolda mengatakan, dalam waktu dekat polisi akan menggelar operasi Bina Kusuma. Razia untuk mencegah terjadinya hal-hal yang terkait dengan bahaya petasan dan sejenisnya. Setelah dari lokasi bencana ledakan petasan, Khofifah langsung menuju RSUD Srengat Kabupaten Blitar. Khofifah mengunjungi korban terluka yang saat ini masih dirawat di rumah sakit, yakni salah satunya balita.


https://jatim.inews.id/berita/ledakan-di-blitar-jadi-bencana-sosial-khofifah-minta-sk-tanggap-darurat-diterbitkan/all.
 

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut