get app
inews
Aa Read Next : Gaduh Pencoretan Logo Kopi Kapiten, Pj Bupati Pasuruan-Gus Irsyad Bertemu 1 Jam Disaksikan 8 Kiai

Jamin Kesehatan 96,07 Persen Warga Kabupaten Pasuruan, Gus Irsyad Dapat UHC Award 2023

Selasa, 14 Maret 2023 | 19:21 WIB
header img
Bupati Pasuruan Dr Irsyad Yusuf (berkopiah) saat menerima UHC Award 2023, Selasa (14/3/2023)

PASURUAN, iNewsPasuruan.id - Pemerintah Kabupaten Pasuruan menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023. Penghargaan secara simbolis diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma'ruf Amin kepada perwakilan 6 Gubernur di Indonesia. Sedangkan untuk Bupati/Wali Kota, khususnya Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, penghargaan diserahkan oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin di Gedung Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/03/2023) pagi. Bupati Irsyad mengatakan, Penghargaan UHC diterima Pasuruan karena sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC).

Terhitung sejak 1 Januari 2023, sebanyak 1,543,640 jiwa atau 96,07 persen dari total jumlah penduduk 1,606,807 Jiwa penduduk Kabupaten Pasuruan telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Artinya, hampir seluruh warga masyarakat di Kabupaten Pasuruan telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan secara gratis.

"Tentu bangga dan puas atas pencapaian UHC di Kabupaten Pasuruan. Karena tinggal sedikit lagi kami bisa mencapai 100% UHC. Sehingga semua warga mendapatkan akses layanan kesehatan secara gratis di faskes terdekat," kata Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf dilansir dari website resmi. .

Gus Irsyad menjelaskan, untuk mensukseskan program UHC, Pemkab Pasuruan telah menyiapkan anggaran lebih dari Rp150 miliar. Anggaran tersebut akan dipergunakan untuk 96,07% dari jumlah penduduk di Kabupaten Pasuruan yang belum mempunyai jaminan kesehatan apapun. Dengan demikian tidak ada lagi masyarakat yang mengeluh ribet atau ruwet saat berobat ke Puskesmas maupun ke Rumah sakit pemerintah dan swasta di Kabupaten Pasuruan.

"Karena semuanya sudah di cover pemerintah. Jadi tidak ada lagi masyarakat yang kesusahan untuk mereka bisa mendapatkan layanan kesehatan secara gratis di RSUD, puskesmas maupun rumah sakit swasta di Kabupaten Pasuruan," jelasnya.

Dengan adanya program UHC ini, Irsyad berharap masyarakat Kabupaten Pasuruan tidak lagi takut berobat ke rumah sakit dengan alasan tidak mampu membayar. "Saya juga berpesan kepada masyarakat Kabupaten Pasuruan bila merasa sakit, mereka bisa berobat ke puskesmas dan ke rumah sakit cukup dengan membawa dan menunjukan KTP penduduk Kabupaten Pasuruan dan akan mendapatkan pelayanan secara gratis," tegasnya.

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut