get app
inews
Aa Read Next : Tujuh Saudara Mudik Bersama, Garasi Rumah Berubah Menjadi Parkiran Mobil Mewah

Tips Hindari Ketidaknyamanan Saat Mudik

Selasa, 26 April 2022 | 16:12 WIB
header img
beberapa tips untuk antisipasi akibat kepadatan saat puncak arus mudik

iNews.id – Kemacetan tentu akan menghambat tradisi pulang kampung saat lebaran atau yang biasa disebut mudik. Tentu semua orang akan merasa tidak nyaman apabila perjalanan terganggu. Sementara itu puncak arus mudik lebaran sudah semakin dekat serta angka pemudik yang kian meningkat.

Untuk menghindari ketidaknyamanan ini tentu ada hal yang dapat dilakukan untuk menghindarinya, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari ketidaknyamanan bagi para pemudik.

Tips Antisipasi Puncak Arus Mudik Lebaran

Pemerintah resmi mengizinkan masyarakat melaksanakan mudik Lebaran 2022. Untuk menghindari penumpukan kendaraan saat mudik Lebaran, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan beberapa opsi pilihan. 

Terkait kemungkinan adanya penumpukan, Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) Kemenhub Budi Setiyadi, menjelaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan dua opris pencegahan yakni pembatasan waktu bagi kendaraan yang berhenti di rest area atau pemanfaatan rest area perkotaan.

Adapun yang dimaksud rest area perkotaan adalah diharapkan pemudik dapat keluar dari tol dan singgah di lokasi terdekat untuk beristirahat. Pemudik bisa beristirahat atau membeli oleh-oleh sebelum masuk kembali ke tol. Hal ini dilakukan agar penumpukan mudik Lebaran bisa diminimalisasi.

Tak hanya itu, Kemenhub juga melakukan upaya pencegahan penumpukan kendaraan ini dengan membatasi angkutan kendaraan barang saat mudik. Salah satu yang akan dibatasi adalah mobil barang dengan jumlah angkutan lebih dari 14.000 kg.

Tips Antisipasi Puncak Arus Mudik Bagi Pemudik

Sementara itu, bagi para pemudik, ada beberapa tips antisipasi puncak arus mudik yang bisa dilakukan agar bisa mudik dengan nyaman. Beberapa tips tersebut antara lain sebagai berikut. 

1. Membuat Rencana Perjalanan

Membuat rencana perjalanan akan membantu pemudik dapat mudik dengan nyaman dan menghindari penumpukan kendaraan di puncak arus mudik Lebaran. Hal yang harus dipikirkan dengan baik adalah memilih hari mudik yang tepat. Seperti diketahui bahwa puncak mudik diprediksi terjadi pada tanggal 28 April hingga 1 Mei. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memikirkan dengan baik kapan hari mudik yang tepat. 

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut