get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1444 Hijriah Kamis 23 Maret 2023

Pria Berbobot 2,75 Kuintal Akhirnya Jalani Program Diet di RSSA Syaiful Anwar

Kamis, 12 Mei 2022 | 10:58 WIB
header img
Proses evakuasi korban dari lift yang jatuh. (avirista midaada).

MALANG, iNewsPasuruan.id - Laki-laki berbobot 275 kilogram Dwi Ariesta Wardhani (38), warga Perum Puri Kartika Malang menjalani program penurunan berat badan. Upaya ini dilakukan karena korban kesulitan menjalani pemulihan luka pascajatuh bersama lift di dalam rumah beberapa hari lalu.  Dokter spesialis ortopedi konsultan Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang Agung Rianto Budi Santoso mengungkapkan, langkah diet untuk menurunkan berat badan Aris perlu dilakukan demi memudahkan penyembuhan pasca operasi. Apalagi saat ini Aris masih harus menjalani operasi tertutup di lutut kanannya. 

 "Jadi sebenarnya untuk over weight tidak bermasalah untuk proses penyembuhan, kalau ada permasalahan diabet sama ginjal akan bermasalah tentang fase penyembuhannya," ucap Agung Rianto, pada Selasa (11/5/2022) kepada wartawan di RSSA Malang.  Agung menambahkan, kelebihan berat badan juga rentan pada masa penyembuhan luka patah tulang pasca operasinya. Terlebih dengan berat badan yang berlebih bisa mengakibatkan tulang lebih lama lebih sembuh. 

 "Over weight bermasalah pada proses rehabilitasi untuk patah tulangnya. Karena setelah operasi pasien harus menjalani proses rehabilitasi harapannya fungsi engkel kanan kiri dan lututnya kembali normal," ujarnya.  Karena itu, berat badan harus diturunkan. Nanti, pihaknya juga akan berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi untuk menentukan berapa batas aman penurunan berat badan setiap minggunya. "Harapan kami nanti proses rehabilitasinya mengikuti program dietnya," ujarnya. 

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut