Logo Network
Network

Jokowi ke Zelensky: Kunjungan Ini Wujud Kepedulian Indonesia untuk Ukraina

Reza Fajri
.
Kamis, 30 Juni 2022 | 11:56 WIB
Jokowi ke Zelensky: Kunjungan Ini Wujud Kepedulian Indonesia untuk Ukraina
Presiden Joko Widodo bertemu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky (foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

KIEV, iNewsPasuruan.id - Presiden Joko Widodo bertemu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Maryinsky, Kiev, Ukraina, Rabu (29/6/2022). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan kunjungannya ini wujud kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina. "Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," ujar Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama Zelensky selepas pertemuan.

Jokowi menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Meskipun masih sangat sulit dicapai, Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur. "Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," katanya.

Selanjutnya, Jokowi juga menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Dengan kemampuan yang ada, rakyat dan pemerintah Indonesia berusaha memberikan kontribusi bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kiev. Di samping itu, Jokowi juga menyampaikan pentingnya Ukraina bagi rantai pasok pangan dunia. Menurutnya, semua usaha harus dilakukan agar Ukraina bisa kembali melakukan ekspor bahan pangan.  "Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini," katanya.

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.