Logo Network
Network

Isu Kudeta Guncang China, 'Xi Jinping Jadi Tahanan Rumah' Trending Topic di Twitter

Rahman Asmardika
.
Minggu, 25 September 2022 | 18:32 WIB
Isu Kudeta Guncang China, 'Xi Jinping Jadi Tahanan Rumah' Trending Topic di Twitter
Presiden China Xi Jinping. (Foto: Reuters/okezone)

Salah satu alasan mengapa kampanye disinformasi seputar tahanan rumah Xi mendapat daya tarik, serta kepercayaan, adalah karena berita tersebut menggambarkan Jenderal Li Qiaoming sebagai pemimpin protagonis untuk mengorganisir kudeta. Qiaoming, (61), mantan komandan Komando Teater Utara PLA, menjadi pejabat yang sangat disukai oleh Xi, sehingga diisukan menciptakan ketidakpuasan di antara banyak pemimpin militer senior di China, menurut para ahli.

Dia meroket naik ke jabatan yang biasanya membutuhkan waktu lima tahun atau lebih.

“Ini karena Xi mengidentifikasi dia sebagai pemikir dan ahli strategi militer China generasi sekarang,” kata seorang pejabat keamanan senior sebagaimana dilansir The Week. Promosi tidak konvensional yang diberikan kepada beberapa junior atau perwira PLA yang lebih muda telah menjadi titik sakit bagi senior PLA, yang telah muncul. melalui saluran yang tepat dengan penuh kesabaran, kata pejabat itu.

Masalah promosi yang akan diumumkan selama Kongres Partai ke-20 sangat menarik. Di China, banyak calon jenderal dan perwira PLA yang lebih tua mengawasi perkembangan dengan cermat; apakah itu untuk Amerika atau Jepang, hasil Kongres Partai ke-20 akan menentukan keterlibatan di masa depan.

Bahkan, Jenderal Li Qiaoming kemungkinan akan masuk Komisi Militer Pusat pada Kongres Nasional ke-20.

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini