get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Pasuruan Raih WTP ke-10, Gus Irsyad: Terima Kasih

Ratusan Ribu Umat Hadiri Haul KH Abdul Hamid, Gus Irsyad Jamu Ketum PBNU dengan Mangga Alpukat

Rabu, 05 Oktober 2022 | 22:03 WIB
header img
Ketua PBNU KH Yahya Kholil Staquf saat berpidato kepada ratusan ribu jemaah yang hadir pada Haul Kiai Abdul Hamid, Kamis (5/10/2022). Foto:pasuruankab.go.id

PASURUAN, iNewsPasuruan.id -  Ratusan ribu umat muslim dari berbagai penjuru tanah air, Rabu (5/10/2022), menghadiri Haul Almaghfurlah KH Abdul Hamid ke 41 di Pondok Pesantren Salafiyah, Kota Pasuruan. Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf dan Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf bahu membahu menyukseskan haul yang dihadiri ratusan ribu jamaah yang sudah rutin datang setiap tahunnya.


Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mempromosikan mangga alpukat kepada Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf  di Pendopo Kabupaten Pasuruan, Rabu (5/10/2022)

Amir (42), salah satu warga Solo mengaku sudah 6 tahun rutin datang ke Haul Kiai Hamid. Ia datang bersama keluarga dan para tetangga. "Saya sudah enam tahun datang ke Haul Kiai Hamid untuk ngalap berkah sekaligus mendengarkan ceramah dari Kiai-Kiai Khos," ungkapnya.

Selain para jamaah, haul tersebut juga dihadiri banyak pejabat. Antara lain Menteri Pendayagunaan Aparatur  Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan-RB), Abdullah Azwar Anas; Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa; Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf; Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf; Anggota DPR RI, Mufti Anam; serta para ulama besar seperti Ketua Umum PBNU KH Yahya Kholil Staquf.

KH Miftakhul Akhyar, KH Bahaudin Nur Salim, KH Ali Masyhuri, Habib Segaf Bin Hasan Baharun, KH Zulfa Mustofa, Pengasuh Ponpes Salafiyah, KH Idris Hamid dan ulama lainnya.

Dalam sambutannya, Pengasuh Ponpes Bayt Al Hikmah yang juga cucu Mbah Hamid, Gus Amak mengaku berterima kasih kepada seluruh jamaah Haul yang begitu mencintai sosok kakeknya tersebut.

Menurut Gus Amak, ratusan ribu jamaah yang hadir bukan hanya dari Jawa Timur saja. Ada yang sampai Kalimantan hingga Ibu Kota Jakarta. "Yang bisa saya sampaikan hanya Jazakumulloh Khoiron Katsiro kepada semua orang yang begitu mencintai Yai Hamid. Jumlahnya sampai ratusan ribu jamaah dari berbagai daerah di Tanah Air," terangnya.

Haul tahun ini memang berbeda dengan dua tahun sebelumnya. Terlebih di tahun 2020, Haul hanya digelar di pondok pesantren saja dan tidak mengundang jamaah untuk hadir di tempat.

Namun untuk tahun lalu, jamaah menginginkan digelar secara langsung. Sehingga haul pun tak bisa dibendung oleh lautan manusia yang hadir. Fenomena banyaknya jamaah yang hadir tak lepas dari sosok Kiai Hamid yang sangat melekat di hati para umat Islam sebagai seorang Wali Allah yang sangat sederhana dan rendah hati.

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut