Logo Network
Network

Kroasia Hentikan Sepak Terjang Jepang di 16 Besar Piala Dunia, Samurai Biru Gagal Tiga Kali Penalti

Cikal Bintang Raissatria
.
Selasa, 06 Desember 2022 | 01:53 WIB
Kroasia Hentikan Sepak Terjang Jepang di 16 Besar Piala Dunia, Samurai Biru Gagal Tiga Kali Penalti
Gelandang Kroasia, Ivan Perisic merayakan gol ke gawang Jepang pada laga 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Al Janoub, Senin (5/12/2022). (Foto: REUTERS)

AL WAKRAH, iNewsPasuruan.id – Timnas Kroasia menghentikan sepak terjang Jepang di babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Jepang bonyok pada babak adu penalti (3-1) setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal dan babak tambahan dalam laga 16 besar Piala Dunia 2022, Selasa (6/12/2022) dini hari tadi. Pertandingan seru tersebut  dilangsungkan di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar pada Senin (5/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Tim Samurai Biru -julukan timnas Jepang-berhasil unggul lebih dulu lewat sepakan Daizen Maeda (43’). Namun, pada babak kedua, Timnas Kroasia menyamakan kedudukan lewat tandukan Ivan Perisic (55’). Kedua tim yang bermain imbang dalam waktu normal dan babak tambahan harus. Pemenang pun harus ditentukan lewat adu penalti. 

 Timnas Kroasia mengawali babak pertama dengan bermain ofensif. Mereka menerapkan serangan masif, yang dimotori langsung oleh trio lini tengah Luka Modric, Marcelo Brozovic, dan Mateo Kovacic. Sayangnya, beberapa serangan yang dilancarkan tidak efektif untuk membongkar pertahanan Samurai Biru.

Sebaliknya, pasukan Hajime Moriyasu yang bermain dengan pola pressing justru mendapatkan peluang emas lewat tandukkan Shogo Taniguchi.  Namun, bola meluncur tepat di sisi kanan tiang gawang Dominik Livakovic. Kedua tim yang bermain ngotot menampilkan permainan jual beli serangan. Situasi itu terjadi hingga pertandingan memasuki menit ke-20.

Setelah itu, Vatreni -julukan Timnas Kroasia- menurunkan tempo permainan. Kendati begitu, tim besutan Zlatko Dalic itu perlahan membangun serangan yang mengancam pertahanan Samurai Biru. Beruntung, Timnas Jepang mampu mengantisipasinya dengan baik. 

Samurai Biru kini bermain dalam tekanan. Terpantau, Daichi Kamada dan kolega hanya bisa menunggu momentum untuk melancarkan serangan balik cepat. Namun demikian, memasuki menit ke-35, Timnas Jepang mampu memegang kontrol permainan.

Permainan umpan pendek yang cukup rapi ditampilkan oleh Samurai Biru di pengujung babak pertama. Akhirnya, mereka mampu unggul lebih dulu lewat sepakan Daizen Maeda (43’). Gol berawal dari umpan panjang, yang kemudian berujung kemelut di depan gawang Livakovic.

Maeda yang berdiri dalam kotak penalti langsung melepaskan tembakan terukur yang tak terbendung penjaga gawang. Pada akhirnya, Timnas Jepang berhasil mengungguli Kroasia di babak pertama dengan skor tipis 1-0.

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini