get app
inews
Aa Read Next : Pengakuan Tersangka Suntik Mati: Cemburu Foto Kades Ada di HP Istri, Hanya Ingin Beri Efek Jera

Makam Misterius di Tengah Jalan Pertigaan, Tak Pernah Bisa Dipindah, Diberi Nama Ragasemangsang

Sabtu, 01 April 2023 | 17:33 WIB
header img
Makam misterius di Purwokerto (Foto: Instagram @rumahsolokota)

PURWOKERTO, iNewsPasuruan.id - Tempat pemakaman biasanya berada di ujung desa, jauh dari keramaian dan terlindung pohon beringin besar. Sebagian masyarakat menganggap kuburan memiliki kekuatan magis dan mistis. Namun apa jadinya jika makam berada di tengah-tengah kota?

Ternyata memang ada makam yang letaknya berada di tengah jalan. Letaknya yang mencolok ini pasti mengundang perhatian siapa pun yang melintas di depannya. Makam misterius itu ada di Purwokerto.

Makam misterius itu kabarnya adalah makam prajurit Diponegoro yang hanya dapat meninggal dengan cara digantung. Karena itu, makam ini disebut makam Ragasemangsang (tubuh yang menggantung). Bagi masyarakat Purwokerto mungkin sudah tak asing lagi dengan makam ini. Letaknya memang agak jauh dari pusat keramaian. Namun berada di tengah jalanan sehingga membuat tempat ini terkesan seram dan sering disangkut-pautkan dengan hal mistis.

Ragasemangsang diambil dari bahasa setempat, yang berarti tubuh tergantung. Makam tua ini berukuran 2,5 x 1,5 meter dengan cat putih dan pintu berwarna kuning. Bangunan ini berdiri kokoh di tengah pertigaan jalan sebelah timur alun-alun Kota Purwokerto, Kelurahan Sokonegara, Purwokerto Timur.

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut