get app
inews
Aa Read Next : Innalillahi, Ayah dan Anak di Rejoso Lor Pasuruan Tewas Tersambar Petir saat Panen Padi

3 Pahlawan Wanita asal Jawa Timur dalam Pertempuran Surabaya

Kamis, 09 November 2023 | 22:13 WIB
header img
Pahlawan wanita asal Jawa Timur memiliki jasa besar dalam kemerdekaan Indonesia, terlibat dalam pertempuran Surabaya mengusir penjajah. (Foto: perpusnas).

PASURUAN, iNewsPasuruan.id - Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak pahlawan wanita. Para pahlawan wanita ini memiliki jasa besar dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, salah satunya dalam pertempuran Surabaya yang pecah pada 10 November 1945. Dilansir iNews.id, berikut 3 pahlawan wanita asal Jawa Timur dalam pertempuran Surabaya, 10 November 1945.

1. Lukitaningsih dan Anggota PPRI

Lukitaningsih merupakan ketua organisasi PPRI atau Pemuda Putri Republik Indonesia. PPRI merupakan organisasi rakyat yang bersifat ketentaraan atau militer. Lukitaningsih mengajak para perempuan untuk bergabung dalam pembelaan kemerdekaan yang disebarluaskan melalui surat kabar Soerakjat pada 24 Oktober 1945.

Pada 10 November 1945, pertempuran pun terjadi dan para anggota PPRI terjun ke medan perang. Secara mendadak, PPRI membentuk palang merah khusus untuk mengurus para korban untuk dibawa ke pos-pos alang merah dan rumah sakit terdekat.

Lukitaningsih dan para anggota PPRI berjasa dalam membantu para pejuang yang terluka di medan perang. Mereka juga berperan penting dalam merawat dan mengobati para korban pertempuran.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut