Difabel Kesulitan Saat Coklit; Ini yang Dilakukan KPU Pasuruan

Ninon Raka
Sejumlah difabel di Kabupaten Pasuruan mengaku kesulitan dalam proses pencocokan dan penelitian. Foto:IST

PASURUAN, iNewsPasuruan.id  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan Pemilu yang inklusif dan ramah difabel. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya sosialisasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 khusus bagi penyandang disabilitas pada Selasa (16/7/2024).

Puluhan penyandang disabilitas dari berbagai daerah di Kabupaten Pasuruan hadir dalam sosialisasi ini. Dalam kesempatan tersebut, KPU menyampaikan informasi lengkap mengenai tahapan Pilkada 2024, mulai dari pendaftaran pasangan calon hingga proses pemungutan suara.

“Sosialisasi ini merupakan wujud kepedulian KPU Kabupaten Pasuruan terhadap teman-teman penyandang disabilitas,” ujar Muchamad Rois, Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM.

Rois menekankan bahwa KPU tidak hanya memberikan sosialisasi, tetapi juga menampung keluhan dan kendala yang dihadapi penyandang disabilitas dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu sebelumnya.

“Kami ingin memastikan bahwa semua warga negara, termasuk penyandang disabilitas, dapat menggunakan hak pilihnya dengan mudah dan nyaman,” tegasnya.

Salah satu keluhan yang disampaikan oleh penyandang disabilitas adalah terkait dengan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. Menanggapi hal tersebut, Rois menyatakan bahwa KPU akan segera berkoordinasi dengan divisi terkait untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Semua aduan dan keluhan akan kami kumpulkan dan konsolidasikan dengan divisi lain, baik divisi teknis maupun pendataan. Hasil koordinasi ini akan kami sosialisasikan kembali kepada teman-teman penyandang disabilitas,” pungkasnya.

Editor : Bian Sofoi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network