get app
inews
Aa Read Next : Pengakuan Tersangka Suntik Mati: Cemburu Foto Kades Ada di HP Istri, Hanya Ingin Beri Efek Jera

Gus Irsyad Pamit Naik Haji, Gus Mujib Jadi Plt Bupati Pasuruan

Senin, 04 Juli 2022 | 10:19 WIB
header img
Bupati Pasuruan Dr HM Irsyad Yusuf menyerahkan surat perintah tugas kepada Wabup KH Mujib Imron, Jumat (1/7/2022). Foto:Pasuruankab.go.id

PASURUAN, iNewsPasuruan.id - Bupati Pasuruan Dr HM Irsyad Yusuf mulai Senin (4/7/2022) pamit untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. Selama menunaikan rukun Islam kelima, Gus Irsyad melimpahkan tugas-tugas pemerintahan daerah kepada Wakil Bupati Mujib Imron (Gus Mujib). Hal itu dituangkan dalam Surat Perintah Tugas (SPT) Bupati Pasuruan Nomor 100/296/424.011/2022.

SPT diserahterimakan dari Gus Irsyad kepada Gus Mujib, sesaat sebelum berangkat bersama rombongan Calon Jamaah Haji (CJH) dari embarkasi Surabaya, Jumat (1/7/2022) malam. Selang beberapa jam berikutnya, Sabtu (2/7/2022) dinihari, Bupati dan Ibu Bupati, Lulis Irsyad Yusuf bertolak ke bandara internasional Juanda.

Adapun dasar diterbitkannya SPT mengacu pada ketiga regulasi hukum. Pertama, Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Kedua, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2019 tentang Tata Cara Perjalanan Ke Luar Negeri di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah. Ketiga, Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 857/3034/SJ/ tanggal 3 Juni 2022 perihal Persetujuan Izin Bupati Pasuruan Ke Luar Negeri dengan Alasan Penting.

Dalam SPT disebutkan bahwa Kepala Daerah memberikan mandat kepada Wakil Bupati Mujib Imron Wakil Bupati Pasuruan untuk melaksanakan tugas Bupati Pasuruan selama ijin ke luar negeri dengan alasan penting dalam rangka melaksanakan ibadah haji. Terhitung sejak tanggal 1 Juli 2022 sampai dengan 1 Agustus 2022. Tentunya, selama melaksanakan tugas tetap berkoordinasi dan bertanggungjawab kepada Bupati Pasuruan.

Disaksikan oleh Penjabat Sekretaris Daerah, Akhmad Khasani, penyerahan SPT dilakukan di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Jumat (1/7/2022) malam. Dalam sambutannya, Gus Irsyad menitipkan beberapa pesan pentingnya kepada Wakil Bupati KH Mujib Imron dan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Di antaranya terkait pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan yang harus tetap dimaksimalkan di masing-masing instansi.

“Saya berharap, Bapak Ibu semuanya tetap optimal dalam memberikan pelayanan publik. Termasuk memaksimalkan upaya percepatan penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Pasuruan yang sampai sekarang kita gencarkan,” kata Bupati dengan nada penuh optimisme dikutip dari website resmi..

Sementara itu, dalam sambutannya Gus Mujib menyatakan kesanggupannya dalam melaksanakan tugas yang diamanahkan sesuai SPT. Seraya turut mendoakan kelancaran ibadah Bupati bersama Ibu Bupati di tanah suci.

Turut hadir dalam kegiatan, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan, jajaran Forkopimda, alim ulama dan beberapa stakeholder Pemerintah Kabupaten Pasuruan.iNewsPasuruan

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut