get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Peringatan Hari Santri 2023, Presiden Jokowi Jadi Inspektur Upacara

Gara-gara Niku Ikan Mas, Presiden Jokowi Beri Gus Irsyad Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya

Selasa, 13 Desember 2022 | 21:58 WIB
header img
Bupati Pasuruan, Dr.HM Irsyad Yusuf.SE.MMA saat menerima penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Foto: IST

"Alhamdulillah, satyalancana wira karya ini adalah anugerah tertinggi yang diberikan Presiden kepada Bupati/Walikota, termasuk saya diantaranya. Ini bukan kerja keras saya saja, tapi semua pihak yang sama-sama menyatukan niat untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh pelaku perikanan agar mau berusaha. Memajukan dunia perikanan dan kelautan seoptimal mungkin. Saya ucapkan terima kasih banyak," kata Bupati, sesaat setelah penganugerahan selesai dilaksanakan.

Dalam konteks di lapangan, Inovasi Niku Ikan Mas hadir untuk memberikan layanan informasi bagi masyarakat dan pelaku usaha perikanan dalam mengembangkan usahanya. Dengan dibantu para petugas, mereka siap memfasilitasi pelaku usaha perikanan dalam mengurus legalitas usaha dan sertifikasi pendukung lainnya. Memfasilitasi akses permodalan di Lembaga keuangan bagi pelaku usaha perikanan hingga memberikan informasi peluang pasar.

"Segala urusan perikanan bisa difasilitasi. Seperti pengurusan tanda daftar usaha sampai promosi usaha perikanan. Bahkan, akses untuk mendapatkan beasiswa melanjutkan pendidikan jenjang yang lebih tinggi juga bisa," tegasnya.

Lebih lanjut kepala daerah yang baru saja bergelar doktor ini menegaskan bahwa Niku Ikan Mas bukan hanya bermanfaat bagi para pelaku usaha perikanan saja. Melainkan juga ikut berkontribusi terhadap Angka Konsumsi Ikan (AKI) di Kabupaten Pasuruan.

"Kalau untuk para pelaku usaha perikanan sudah jelas manfaatnya apa saja. Produktivitas usaha perikanan jadi naik, fasilitas tekonologi usaha perikanan, ijin usaha, sertifikasi dan akses program juga mudah, dan  mereka juga bisa dapat Kartu Pelaku Usaha Perikanan atau Kartu KUSUKA.

Gus Irsyad berharap agar inovasi ini bisa terus ditingkatkan, sehingga masyarakat semakin dimudahkan. "Intinya jangan selesai sampai di sini, tapi terus ditingkatkan sampai masyarakat betul-betul puas dan terlayani dengan sangat maksimal," ucapnya.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut