get app
inews
Aa Read Next : Cocok untuk Menu Buka Puasa, Bandeng Jelak Kebanjiran Order di Bulan Ramadhan

6 Adab Berpuasa Ramadhan Menurut NU, No 6 Jangan Mengutamakan yang Enak-enak

Kamis, 23 Maret 2023 | 10:19 WIB
header img
Ilustrasi Puasa foto:Celebrities.id

PASURUAN, iNewsPasuruan.id - Jutaan umat Islam di Indonesia mulai hari ini , Kamis (23/3/2023), menjalani ibadah puasa Ramadhan 1444 Hijiriah Ada adab-adab dalam berpuasa agar menambah pahala di bulan suci Ramadhan. Bagaimana adab dalam berpuasa? Melansir NU.or.id, Allamah Sayyid Abdullah bin Alawi al-Haddad menjelaskan adab-adab berpuasa dalam kitab nya berjudul Risâlatul Mu‘âwanah wal Mudhâharah wal Muwâzarah sebagai berikut:

(وعليك) بتعجيل الفطور عند تيقن الغروب وتأخير السحور ما لم تخش الوقوع في الشك، وبتفطير الصائمين ولو على تمرات أو شربة من الماء؛ فإن من فطر صائماً كان له مثل أجره لا ينقص ذلك من أجره شيئاً، واجتهد أن لا تفطر ولا تفطر صائماً إلا على طعام حلال. (وعليك) بالتقليل من الأكل، وتناول الموجود من الحلال من غير إيثار للطيب الملائم، فإن مقصود الصوم كسر الشهوة، والاتساع في الأكل وقصد الطيبات لا يكسرها ولكنه يقويها ويهيجها.

Artinya: "Hendaknya Anda menyegerakan buka puasa ketika telah meyakini terbenamnya matahari. Mengundurkan waktu sahur selama Anda tidak merasa khawatir menjadi ragu (tentang terbitnya fajar atau belum). Biasakanlah pula memberi makan orang lain untuk berbuka puasa walaupun hanya berupa beberapa butir kurma atau bahkan seteguk air. Sebab siapa memberi makan untuk berbuka puasa kepada seseorang yang selesai berpuasa akan beroleh pahala yang setara dengan pahala orang yang berpuasa tersebut tanpa dikurangi pahalanya sedikit pun. Usahakanlah sungguh-sungguh agar Anda tidak berbuka puasa atau memberi makan untuk berbuka kecuali dengan makanan yang halal. Cukupkanlah dirimu dengan makan sedikit saja. Makanlah yang halal tanpa mengutamakan segala yang enak-enak atau lezat-lezat yang lebih sesuai dengan selera Anda. Tujuan puasa adalah mematahkan syahwat hawa nafsu, sedangkan memilih-milih yang lezat tidak mungkin mampu mematahkannya, bahkan akan menguatkannya serta membangkitkannya" (Sayyid Abdullah bin Alawi al-Haddad, Risâlatul Mu‘âwanah wal Mudhâharah wal Muwâzarah (Dar Al-Hawi, 1994, hal.111).

6 adab berpuasa Ramadhan menurut NU:  

1. Segera Berbuka Puasa

Menyegerakan berbuka puasa ketika matahari telah terbenam. Begitu matahari terbenam, saat itulah masuk waktu Maghrib. Batas waktu berpuasa hanya sampai pada saat Maghrib. Menyegerakan berbuka di awal waktu Maghrib merupakan akhlak yang baik dan hukumnya sunnah. Sebaliknya menunda-nunda berbuka tidak baik karena tidak sejalan dengan sunnah Nabi dan bisa mengganggu kesehatan.  

2. Mengakhirkan Waktu Sahur

Ketika sahur mengundurkan waktu sahur selama Anda tidak khawatir atau menjadi ragu (apakah fajar telah terbit atau belum). Mengakhirkan sahur hingga mepet waktunya dengan saat imsak yang sebenarnya, yakni saat Subuh tiba, hukumnya sunnah sekaligus merupakan akhlak yang baik. Namun harus tetap diingat,ketika Anda mengundurkan waktu sahur, harus dipastikan bahwa saat itu memang waktu Subuh belum masuk sehingga Anda memang masih diperbolehkan makan dan minum. Sebaliknya melaksanakan sahur terlalu dini atau pada waktu yang bukan waktu yang disunnahkan sebaiknya dihindari.  

3. Menyediakan Makanan Berbuka

Adab selanjutnya menyediakan makanan bagi orang lain untuk berbuka puasa. Kebiasaan ini sangat baik walaupun hanya berupa beberapa butir kurma atau seteguk air saja. Yang lebih penting dari makanan atau minuman tersebut, betapapun sederhananya, adalah keduanya bisa membantu untuk mengakhiri puasa pada saat Maghrib tiba.

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut