get app
inews
Aa Read Next : Cocok untuk Menu Buka Puasa, Bandeng Jelak Kebanjiran Order di Bulan Ramadhan

6 Adab Berpuasa Ramadhan Menurut NU, No 6 Jangan Mengutamakan yang Enak-enak

Kamis, 23 Maret 2023 | 10:19 WIB
header img
Ilustrasi Puasa foto:Celebrities.id

4. Makanan Halal

Adab selanjutnya makanan dan minuman yang Anda konsumsi sendiri maupun yang Anda bagi dengan orang lain harus dipastikan merupakan barang-barang halal. Jika tidak, maka haram hukumnya melakukan hal seperti ini dan Anda mendapatkan dosa yang tidak bisa diremehkan karena berlipat ganda. 

5. Mencukupkan diri dengan makanan yang sedikit.

Adab selanjutnya adalah mencukupkan diri hanya dengan memakan makanan yang sedikit. Salah tujuan dari berpuasa adalah tidak memperturuti hawa nafsu. Orang berpuasa pasti lapar, maka keadaan lapar itu bisa memunculkan nafsu yang kuat untuk memakan sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu, perlu disadari jika makan sedikit atau secukupnya dirasa sudah cukup mengenyangkan perut, maka sesungguhnya hal itu lebih baik dan sesuai dengan tujuan berpuasa.  

6. Tidak Mengutamakan Makanan Enak-enak

Adab yang keenam adalah makanlah yang halal tanpa mengutamakan segala yang enak-enak atau lezat-lezat yang lebih sesuai dengan selera Anda. Sekali lagi. Tujuan dari berpuasa adalah tidak memperturuti hawa nafsu. Oleh karena itu menjadi penting untuk menahan diri tidak menyediakan dan mengonsumsi makanan yang lezat-lezat demi melawan hawa nafsu. Dalam hal ini menjadi penting untuk bersikap qanaah dengan menerima makanan yang telah ada dan tidak mencari-cari makanan lain yang lezat-lezat.

 Demikianlah enam adab berpuasa sebagaimana dinasihatkan oleh Allamah Sayyid Abdullah bin Alawi al-Haddad dalam sebuah kitabnya sebagaimana disebutkan di atas. 

Sumber: https://nu.or.id/ramadhan/6-adab-berpuasa-menurut-sayyid-abdullah-al-haddad-TuuN8

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut