get app
inews
Aa Read Next : Cocok untuk Menu Buka Puasa, Bandeng Jelak Kebanjiran Order di Bulan Ramadhan

Gerhana Matahari Diperkirakan Terjadi di 10 Hari Terakhir Ramadhan, Fenomena Apa?

Jum'at, 24 Maret 2023 | 13:14 WIB
header img
Foto ilustrasi gerhana matahari. Foto:iNews.id

JAKARTA, iNewsPasuruan.id - Gerhana matahari diperkirakan terjadi pada 20 April 2023. Perkiraan tersebut berdasarkan konjungsi matahari dan bulan jelang 1 Syawal 1444 Hijriah. Fenomena alam ini semakin menarik diambil hikmahnya karena bertepatan 10 hari terakhir Ramadhan 1444 hijriah. 

Anggota Tim Astrofotografi UB Eka Maulana mengatakan, gerhana matahari total bisa diamati di Indonesia bagian Timur hingga tengah. Sedangkan, gerhana matahari parsial (sebagian) bisa diamati dari Indonesia bagian tengah hingga Barat. 

"Fenomena gerhana matahari diperkirakan akan terjadi pada tanggal 20 April 2023," tutur Eka dikutip dari laman resmi UB, Kamis (23/3/2023).  Eka memperkirakan, gerhana matahari bisa dilihat oleh masyarakat di wilayah Indonesia Barat mulai pukul 9.28 WIB hingga 12.22 WIB.

"Puncak gerhana matahari terjadi pukul 10.52 dengan tingkat magnitute gerhana 67 persen. Total waktu gerhana 2 jam 55 menit," katanya. Gerhana matahari berpotensi menyebabkan menurunnya jumlah foton yang merupakan gelombang elektromagnetik di atas bumi. Gelombang tersebut berfungsi sebagai media transmisi pengiriman sinyal satelit, radio, ponsel dan komunikasi lainnya.

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut