5 Instansi PNS dengan Tunjangan Tertinggi, Mana Saja?

Cahya Puteri Abdi Rabbi
.
Senin, 19 September 2022 | 14:49 WIB
Instansi PNS dengan tunjangan tertinggi menarik untuk diulas. (Foto: ilustrasi/Setkab)

JAKARTA, iNewsPasuruan.id - Tunjangan tertinggi Instansi pegawai negeri sipil (PNS) menarik disimak bagi para pendaftar. PNS menjadi profesi favorit bagi lulusan perguruan tinggi karena memiliki pendapatan yang stabil, tunjangan yang memadai, serta berbagai jaminan seperti pensiun. Terkait tunjangan, setiap instansi atau lembaga pemerintah ternyata memiliki perbedaan.

Besaran tunjangan yang diterima telah ditetapkan oleh masing-masing instansi. Dikutip dari berbagai sumber, berikut daftar instansi PNS dengan tunjangan tertinggi:

1. Pemprov DKI Jakarta

Besaran tunjangan PNS yang bekerja di Pemprov DKI Jakarta masih menjadi yang tertinggi jika dibandingkan dengan pegawai di kantor pemerintahan daerah lainnya di Indonesia. Khusus PNS di DKI Jakarta, terdapat pemasukan tambahan di luar gaji yang disebut Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) yang besarannya mencapai Rp17,37 juta untuk jabatan fungsional umum dan teknis terampil.

Sementara itu, besaran tunjangan PNS di DKI Jakarta bervariasi mengikuti masa kerja dan jabatan yang diembannya, baik di fungsional maupun pelaksana.

2. Direktorat Jenderal Pajak 

PNS di lingkup Direktorat Jenderal Pajak (DJP) justru mendapat tunjangan lebih tinggi dibanding PNS yang bekerja di Kementerian Keuangan, meski Direktorat Jenderal Pajak sendiri berada di bawah naungan Kementerian Keuangan.

Tunjangan PNS DJP diatur dalam Perpres Nomor 37 Tahun 2015, dengan tunjangan terendah yang ditetapkan sebesar Rp5,36 juta untuk level jabatan pelaksana, lalu tertinggi sebesar Rp99,72 juta untuk jabatan tertinggi, yaitu pejabat struktural Eselon I.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini